Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Menghilangkan Kerak Gosong pada Panci

Cara menghilangkan kerak gosong pada panci itu susah susah gampang. Penanganan yang tepat diperlukan agar tidak merusak permukaan panci. Apalagi seperti kita ketahui kerak menempel sangat erat sehingga susah dibersihkan. Untuk menaklukkan kerak pada panci memang butuh kesabaran ekstra.

Sebaiknya sesegera mungkin hilangkan kerak hitam tersebut karena selain merusak penampilan juga dapat mempengaruhi kinerja panci itu sendiri. Kerak yang menumpuk lama kelamaan menjadi lapisan tebal yang bisa menghalangi panas. Hasilnya proses memasak jauh lebih lama, boros di gas 😞


  • https://www.cleanipedia.com/id/kamar-mandi-dapur/cara-menghilangkan-kerak-gosong-di-panci-dan-wajan-secara-mudah

Apa Penyebab Muncul Kerak di Panci?

Sebelum menuju ke cara menghilangkan kerak pada panci, kita pahami dulu "Mengapa bisa muncul gosong di panci?"

1
Kerak Hitam di Bagian Bawah Panci
Kerak gosong muncul disebabkan butiran hitam hasil pembakaran yang terjadi selama memasak (jelaga). Sebenarnya dengan penggunaan kompor gas menggantikan tungku kayu ataupun kompor minyak dapat mengurangi jumlah sisa pembakaran.

Saat ini kebanyakan jelaga muncul karena tungku kompor gas yang tidak bersih ataupun adanya kotoran yang menempel di pantat panci. Sisa makanan yang terbakar akan menempel pada permukaan panci. Awalnya memang hanya terlihat kecoklatan saja namun seiring waktu kerak menjadi hitam seolah gosong terbakar.

Jenis kerak ini cukup sulit dibersihkan. Jangan dipaksakan untuk mengosok menggunakan sikat karena dapat mengores permukaan panci. Sebaiknya kerak dilunakkan dulu dengan cuka dan baking soda. Reaksi asam basa yang terjadi dapat merontokkan kerak yang muncul.
  1. Siapkan bak besar yang cukup untuk menampung panci
  2. Tuangkan air panas ke dalamnya yang dirasa dapat merendam panci
  3. Tambahkan secangkir cuka dan secangkir soda kue ke dalam air, aduk hingga semua rata
  4. Segera celupkan panci sehingga bagian bawah yang ada kerak gosong terendam dalam air. Taruh pemberat dalam panci agar tidak naik mengambang
  5. Diamkan beberapa jam agar kerak membandel melunak
  6. Gosok dengan spon yang telah diolesi sabun cuci piring lalu bilas dengan air mengalir. Lakukan beberapa kali agar kerak benar benar hilang
Seperti peribahasa "Lebih baik mencegah daripada mengobati" sebaiknya kita mengurangi kemungkinan munculnya kerak pada panci. Caranya sederhana yaitu dengan
  • Pastikan sebelum digunakan bagian bawah panci dalam keadaan kering
  • Selalu bersihkan panci setelah digunakan
  • Bahan makanan seperti kecap, saus, minyak goreng dan sisa kuah dapat menyebabkan kerak hitam dengan cepat. Selalu hindarkan bahan tersebut menetes di tungku kompor dan pantat panci.
2
Kerak Gosong di Dalam Panci
Kerak hitam juga bisa muncul lho di dalam panci! Masalah ini hanya terjadi jika anda lupa sedang memasak air. Air yang mendidih akan menguap sampai habis meninggalkan panci kosong di atas kompor. Suhu panci akan meningkat dratis sehingga gosong. Yang paling parah adalah plastik di tutup dan pegangan panci meleleh (seperti gambar di bawah).
Cara Menghilangkan Kerak Gosong pada Panci
© fb.com/rizkydewi.cinta
Cara membersihkannya kurang lebih sama dengan teknik di atas cukup direndam dalam larutan air panas, baking soda dan cuka. Lalu digosok berkali kali hingga bersih. Penangganannya sangat sulit, harus dilakukan berulang ulang.

    3
    Kerak Kapur di Panci 
    Banyak orang tidak mencuci panci yang digunakan untuk memasak air minum. Alasannya karena air tersebut bersih, berbeda ketika mengolah sayur dan masakan kuah lainnya.

    Dalam air dari PDAM ataupun sumur itu sebenarnya terdapat banyak kandungan mineral, salah satunya zat kapur. Ketika air dipanaskan, kapur akan menempel di panci. Yang paling terlihat adalah munculnya batas air di dinding panci dan kerak di dasar panci. Kalau tidak dibersihkan dengan serius, zat kapur tersebut akan menumpuk sehingga makin terlihat kerak berwarna putih di panci.

    Baca juga: Cara Membersihkan Rice Cooker yang Bau dengan Cepat

    Cara membersihkannya tidaklah sesulit kerak gosong di atas. Pada dasarnya kapur mudah dilunakkan cukup memakai air. Tips ini sudah dikenal sejak dulu dan dipakai ibu di Indonesia.
    1. Pertama cuci bersih panci dari semua kotoran lalu isi dengan air sampai merendam semua bagian yang berkerak.
    2. Panaskan panci hingga muncul mendidih
    3. Gunakan pengaduk untuk mengelupas kerak yang menempel, lakukan dengan lembut agar tidak mengores panci. Ulangi hingga kerak membandel terlepas
    4. Matikan kompor lalu buang air kotor
    5. Gosok dengan spon kasar yang telah diberi sabun cuci piring. Ulangi beberapa kali agar kerak benar benar hilang
    Sebaiknya setelah digunakan untuk memasak air hingga mateng, selalu bersihkan bagian dalam panci. Kalau banyak kapur menumpuk maka air minum yang dimasak rasanya tidak terlalu enak dan membutuhkan waktu lama untuk mendidih.

    Sekian artikel tentang Cara Menghilangkan Kerak Gosong pada Panci. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!