Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Membuat Amplang Udang, Kerupuk Gurih dari Riau

Cara membuat amplang udang ini menghasilkan cemilan kerupuk yang berbentuk memanjang dengan rasa udang yang kuat. Secara penampilan dan bahan sedikit berbeda dengan jenis amplang dari ikan tenggiri berbentuk persegi yang sangat diminati masyarakat Kalimantan.

Resep amplang udang yang terkenal berasal dari Indragiri Hilir (Inhil), Riau dan jarang ditemui di tempat lain. Tapi tidak perlu khawatir asalkan bisa mendapatkan bahan-bahannya maka bisa membuat kerupuk ini dengan mudah.


  • http://lancangkuning.com/post/225/amplang-udang-cemilan-oleh-oleh-lezat-asal-indragiri-hilir.html
  • http://suharnisusanto.blogspot.co.id/2014/05/cara-membuat-amplang-udang.html

Cara Membuat Amplang Udang

Bahan untuk membuat amplang cukup simpel yaitu udang, sebaiknya gunakan yang masih segar agar aromanya lebih kuat. Di Inhil pembuatan amplang selalu menggunakan bahan segar yang didapat langsung dari nelayan maka tidak heran jika rasanya mantap.
Cara Membuat Amplang Udang
© fb.com/mymy.t.pypy
Bahan lain yang diperlukan adalah tepung terigu dan air untuk membuat adonan kerupuk. Bumbu untuk rasa original pun sederhana cukup bawang putih dan sedikit garam. Kalau ingin rasa lain bisa menambahkan bahan seperti lada, bubuk bawang ataupun cabe bubuk.

Bahan Amplang Udang Inhil:
  • Udang segar 200 gram
  • Tepung terigu 400 gram
    Perbandingan ini relatif (terserah anda), jika ingin ampang yang terasa udang banget bisa menambahkan udang segar lebih banyak.
  • Air 200 ml
  • Bawang putih secukupnya, haluskan
  • Garam secukupnya
  • Penyedap rasa (optional)
  • Minyak goreng secukupnya
Baca juga: Cara Membuat Keripik Bayam Renyah Tidak Berminyak

Resep Amplang Udang:
Pertama-tama, bersihkan udang segar yang telah disiapkan. Ingat buang bagian kepala karena ada kotoran disana dan kupas kulitnya lalu cuci bersih dengan air mengalir. Haluskan udang dengan cara diblender ataupun ditumbuk manual.

Masukkan udang ke dalam panci kecil lalu tuangkan tepung terigu. Selanjutnya tambahkan bumbu dan air sedikit demi sedikit sambil terus diuleni sampai adonan tercampur rata. Ambil sedikit adonan lalu gunakan telapak tangan untuk membentuknya menjadi bulat memanjang.

Siapkan minyak goreng dalam wajan besar, masukkan amplang udang yang telah dibentuk sampai terendam di dalam minyak. Goreng sampai amplang berubah warna menjadi kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.

Cara membuat amplang udang khas Riau telah selesai. Sama halnya dengan jenis kerupuk lainnya ampang juga cepat mlempem jika dibiarkan di luar. Disarankan untuk segera memasukkannya ke dalam toples kedap udara.


Konon dulu ide amplang udang muncul karena begitu melimpahnya panen udang di Inhil. Kepopuleran ampang menyebar sampai penjuru provinsi Riau. Rasa yang enak membuatnya membuatnya bisa bertahan sampai sekarang. Kita bisa ditemui amplang udang ketika hari spesial seperti Idul Fitri, natal ataupun acara keluarga.

Baca juga: Resep Kacang Sembunyi Pedas Manis Tanpa Kulit Pangsit

Saat ini seiring perkembangan jaman, kita bisa memesan online amplang udang khas Inhil Riau dengan mudah. Banyak penjual yang menjual dengan kisaran harga 80 sampai 100 ribu perkilonya. Lumayan murah jika dibandingkan dengan rasanya yang enak.

Sekian artikel tentang Cara Membuat Amplang Udang, Kerupuk Gurih dari Riau. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!