Grid Setting

Cara Memasak Lobak Putih Agar Tidak Pahit dengan Mudah

Cara memasak lobak putih yang benar memang sedikit sulit, hal ini dikarenakan adanya getah enzim di kulit lobak yang memiliki rasa sangat pahit. Jika salah sedikit saja mengupas maka rasa pahit bisa menyebar kemana-mana. Kita harus menggunakan pisau tajam sehingga proses lebih cepat tanpa memotong serat pahit.

Sekilas bentuk dan teksturnya mirip dengan wortel, cuma ukurannya lebih besar dengan warna putih. Karenanya banyak yang menduga rasa lobak itu manis sedikit hambar mirip wortel namun ternyata sangat pahit. Lobak putih dikenal masyarakat sebagai penambah produksi Air Susu Ibu (ASI) maka jangan heran jika banyak ibu muda yang mencarinya.


  • https://www.facebook.com/photo.php?fbid=957521114283489&set=a.950826971619570.1073741843.100000768278031&type=3

Cara Memasak Lobak Putih Agar Tidak Pahit

1
Memilih
Ketika membeli lobak pilihlah yang terlihat segar berwarna putih terang dengan daun yang belum terlalu layu. Ambil sayuran lobak yang memiliki permukaan tanpa cacat atau lembek. Semakin tua biasanya tingkat kepahitan dari lobak semakin meningkat. Jika ingin lobak yang tidak terlalu pahit bisa memilih yang agak muda
Cara Memasak Lobak Putih Agar Tidak Pahit
© fb/zainalabidinjelan
2
Mencuci
Sebagai sayuran jenis umbi yang diambil dari dalam tanah, kita harus memberikan perhatian ekstra ketika mencuci. Apalagi jika sayur lobak akan dijadikan santapan bagi ibu menyusui, tentunya harus benar-benar higienis.

Letakkan lobak di bawah air mengalir, sambil terus digosok memakai sikat halus sampai bersih ke sela-selanya. Persiapkan alat untuk memotong berupa pisau tajam dan talenan bersih.

3
Mengupas dan Memotong
Setelah dibersihkan kita lanjutkan dengan mengupas lobak putih, pertama-tama buang bagian pangkal dengan dengan tempat tumbuhnya daun. Daun lobak itu sangat pahit tentu saja daerah di dekatnya juga pahit. Selanjutnya kupas kulit lobak putih dan potong sesuai selera.

Baca juga: Cara Memasak Pare Agar Tidak Pahit

4
Merendam dengan Air Garam
Cara mengolah lobak agar tidak pahit biasanya diawali dengan merendam lobak yang telah diiris ke dalam air garam. Teorinya sederhana dimana cairan pahit di dalam lobak akan keluar akibat konsentrasi air garam yang lebih tinggi. Remas-remas lobak dalam air dan biarkan saja terendam selama kurang lebih 3 jam sampai layu.

Beberapa orang juga menyarankan untuk mem-blansir sayur lobak sebelum diolah. Caranya dengan memanaskan air sampai mendidih lalu masukkan lobak dalam beberapa menit hingga berubah warna. Selanjutnya angkat lobak dan masukkan ke dalam air dingin.

5
Mengolah Lobak
Seharusnya setelah lobak direndam dengan air garam, rasa pahitnya sudah berkurang banyak namun ada baiknya kita memasaknya menjadi masakan seperti kimchi, sup lobak, tumis, salad atau yang masakan Indonesia banget adalah soto Bandung. Dengan bumbu yang kuat, rasa pahit dari lobak sedikit tersamarkan.

Manfaat Lobak Bagi Kesehatan

Kebanyakan lobak memang pahit tapi jika dibandingkan manfaatnya bagi kesehatan tentu rasa pahit ini belum ada apa-apanya. Seperti kita ketahui yang namanya obat pasti pahit kan? Dalam lobak terdapat banyak kandungan mineral dan vitamin seperti fosfor, mangan, beta karoten, asam oksalat, kolin, zat besi, vitamin A, vitamin C dan sebagainya.

Baca juga: Cara Memasak Daun Pepaya agar Tidak Pahit

Tidak hanya bentuknya yang mirip dengan wortel, si lobak putih ini juga memiliki vitamin A yang dicukup untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu menu lobak sering digunakan sebagai makanan diet karena bisa membuat kenyang lebih lama.

Lobak putih dipercaya dapat menyembuhkan leukoderma, manfaat ini didapat dari kandungan zat karsinogenik yang banyak ditemui dalam biji lobak. Caranya menggunakannya cukup simpel, haluskan beberapa biji lobak bersama cuka lalu oleskan ke kulit yang putih.

Sekian artikel tentang Cara Memasak Lobak Putih Agar Tidak Pahit dengan Mudah. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!

Subscribe Our Newsletter

Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Parallax

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel

X
Berlangganan

Dapatkan pemberitahuan melalui email setiap ada artikel baru. Gratis!