Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Satru Asem si Permen Sitrun yang Nyess di Mulut

Resep permen satru asem ini menghasilkan permen lembut yang saat digigit akan berbunyi "kletak" dan memberikan sensasi "nyes" di lidah. Rasanya seperti gula halus yang manis dengan sedikit campuran rasa asam. Kombinasi rasa yang memanjakan lidah penikmatnya.

Tempo doeloe disebut juga permen mutten buah, nama lain yang lebih populer seperti permen sitrun (citrus) atau koya asem. Selain karena rasanya, permen satu ini sangat digemari anak-anak berkat warnanya yang cantik dan sering memiliki bentuk yang unik menarik.


  • https://www.facebook.com/groups/langsungenak/permalink/1006415036124507/

Resep Permen Satru Asem

Cara membuatnya sangat sederhana, cukup mencampurkan gula dan perasa asam lalu dibentuk dan dijemur di bawah sinar matahari sampai set.

Baca juga: Cara Membuat Permen Jahe Kenyal Secara Tradisional

Untuk menciptakan sensai "nyes" saat permen lumer di mulut, kita harus memakai gula salju. Gula jenis ini sering ditemui sebagai taburan kue donat. Anda bisa mendapatkannya dengan mudah di toko kue terdekat. Ingat ya gula salju berbeda dengan gula halus, coba saja jilat yang benar pasti terasa dingin maknyess.

Untuk memberikan rasa asam kita bisa memakai sitrun, tapi agar lebih alami disarankan menggunakan jeruk nipis saja. Jangan lupa memberikan beberapa essense buah agar permen satru asem yang dihasilkan lebih berwarna.
Resep Satru Asem si Permen Sitrun
© fb/miuw.fitria
Bahan Permen Koya Asem:
  • Gula salju 1 kg
  • Jeruk nipis 2 buah
  • Air secukupnya
  • Essense (rasa sesuai selera)
Cara Membuat Permen Satru Asem:
Pertama-tama belah jeruk nipis lalu diperas, larutkan air perasan jeruk dengan air secukupnya. Di wadah lain campurkan essense dengan sedikit air, jangan terlalu pekat.

Selanjutnya tuangkan air jeruk nipis dan essense ke dalam gula salju sedikit demi sedikit sampai mendapatkan adonan permen yang siap untuk dicetak.

Untuk bentuk cetakan sesuai selera anda, masukkan adonan ke dalam cetakan lalu keluarkan dan tata rapi di loyang. Cetak semua adonan lalu jemur permen ada di bawah sinar matahari sampai si permen jadi.

Semakin lama proses penjemuran maka tekstur yang dihasilkan lebih "kletak" saat digigit tapi disisi lain bisa memudarkan warna essense. Tanda bahwa permen sudah kering terlihat dari munculnya kristal gula. Saat itu terjadi segera angkat!


Resep permen satru asem telah selesai, segera masukkan semua permen ke dalam toples kedap udara. Permen koya sem mudah sekali berubah bentuk (tidak tahan panas). Tidak usah ragu memberikan permen asam manis satu ini ke anak-anak. Bahan yang digunakan tidak menganggu kesehatan dan 100% tanpa bahan pengawet kimia.

Baca juga: Cara Membuat Permen Jelly dari Agar Agar tanpa Gelatin

Istilah "satru" dalam bahasa Jawa diartikan sebagai bermusuhan, tidak berhubungan. Nama tersebut mungkin diberikan kepada permen satu ini karena rasa manis yang terasa bertentangan dengan asam.

Saat ini permen jadoel ini sudah jarang ditemui, mungkin baru akan rame kembali saat hampir lebaran. Biasanya 500 gram permen sitrun dalam kantong plastik dihargai 25.000 rupiah sedangkan yang dalam toples sekitar 300 gram juga 25.000 rupiah.

Sekian artikel tentang Resep Satru Asem si Permen Sitrun yang Nyess di Mulut. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!