Grid Setting

Cara Menggoreng Kacang Mete yang Renyah Tidak Pahit

Cara menggoreng kacang mete sebenarnya sangat mudah, namun terkadang bisa muncul sedikit rasa pahit. Hal ini bisa diatasi dengan merendamnya dulu dalam bumbu sehingga rasa mete yang didapatkan akan enak dan gurih,

Kacang mete atau mede atau mente didapatkan dari pohon jambu monyet yang dikeringkan lalu digoreng. Biji terbungkus cangkang ganda yang dapat mengeluarkan getah, si getah inilah yang menyebabkan rasa pahit dan bisa menyebabkan iritasi jika terkena kulit (saat masih basah).


  • https://id.wikipedia.org/wiki/Jambu_monyet
  • http://rosemete.com/proses-pengolahan-kacang-mede/ 
  • http://female.kompas.com/read/2012/10/05/09165090/Cara.Menggoreng.Kang.Macede

Cara Menggoreng Kacang Mete

Buat anda yang punya pohon jambu mete di rumah pasti ingin mengolah kacang mete sampai siap makan. Proses pengolahan mete sangat panjang dan ribet, ya mungkin inilah yang menyebabkan harga jualnya mahal.

Baca juga: Resep Kacang Disco Makasar yang Pedas, Renyah dan Gurih

Pertama-tama kita harus mengeringkan kacang yang masih bercangkang, selanjutnya belah cangkang dengan pisau yang tajam dan tebal. Susah lo untuk mengeluarkan mete dalam keadaan utuh 100%. Setelah proses ini kita akan mendapatkan mete yang dilapisi kulit ari.

Panaskan di bawah sinar matahari sekitar 2-3 jam sebelum mengupas si kulit ari agar lebih mudah lepas. Selanjutnya jemur lagi agar lebih gurih setelah nanti digoreng. Tapi anda tidak perlu buru-buru mengoreng, berkat kadar air yang berkurang maka si kacang lebih tahan lama.

Untuk mempermudah proses sebaiknya anda membeli kacang mete yang sudah dikeringkan dan dikeluarkan dari cangkangnya. Bisa dibeli di pasar, supermarket ataupun pesan secara online.
Cara Menggoreng Kacang Mete
© wikipedia.com
Bahan:
  • Kacang mete sudah dikupas bersih 1 kg
  • Bawang putih 6 siung
  • Garam 4 sdm
  • Gula pasir 2 sdm
  • Air panas untuk merendam secukupnya
  • Minyak goreng
Cara Mengolah Kacang Mete:
Masukkan kacang mete ke dalam wadah lalu tambahkan air panas sampai seluruh kacang terendam. Perendaman dilakukan sekitar 10 menit, hal ini dilakukan agar getah penyebab rasa pahit bisa keluar. Setelah itu pastinya air akan menjadi keruh dan berwarna hitam yang artinya getah sudah terlepas. Bilas dengan air bersih.

Haluskan bawang putih garam dan gula pasir lalu beri sedikit air panas. Tuangkan bumbu ini pada kacang mete lalu aduk-aduk agar merata. Biarkan 30 menitan agar bumbu meresap. Tiriskan agar kandungan air berkurang untuk menghindari letupan saat air bertemu minyak panas.

Panaskan minyak goreng sampai benar-benar panas, masukkan kacang mede berbumbu ke dalam minyak (setting ke api sedang). Goreng terus sampai kacang berubah warna menjadi kuning kecoklatan.

Angkat dan tiriskan lalu taruh di atas kertas penyerap minyak. Cara menggoreng kacang mete telah selesai. Terakhir tinggal memasukkan semua mede gurih ini ke dalam toples. Pastikan sudah benar-benar dingin, tidak lagi mengeluarkan uap panas.


Resep kacang mete di atas sebenarnya kurang lebih mirip dengan kacang bawang, baca artikel dapur (dot) website sebelumnya di Resep Kacang Bawang atau Resep Kacang Tojin Padang.

Selain muncul rasa pahit, pada kacang mete sering ada yang terasa asam. Hal ini dikarenakan kualitas si mede yang kurang bagus, bisa busuk atau mulai kecambah. Pastikan anda memisahkan kacang berwarna hitam ataupun yang terlihat transparan.

Baca juga: Resep Kue Kering Selai Kacang Skippy yang Renyah dan Enak

Sekian artikel tentang Cara Menggoreng Kacang Mete yang Renyah Tidak Pahit. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!

Subscribe Our Newsletter

Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Parallax

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel

X
Berlangganan

Dapatkan pemberitahuan melalui email setiap ada artikel baru. Gratis!