Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Permen Tape Singkong dari Mulai Fermentasi

Cara membuat permen tape singkong bisa dilakukan dengan mencampurkan si tape dengan gula pasir lalu dipanaskan dan didiamkan mengeras. Sedangkan si tape merupakan makanan yang dibuat dari singkong/ pohong/ ketela pohon yang difermentasi dengan ragi.

Salah satu jenis permen tradisional ini memiliki rasa legit, manis namun ada sedikit rasa dan aroma khas tape singkong. Teksturnya mirip dodol dan biasa dibungkus dengan kertas minyak warna-warni. Sekarang permen tape kurang diminati, ditambah masa kadaluarsa yang singkat maka tidak heran susah untuk mendapatkannya.


  • http://erikaindri.blogspot.my/2014/03/permen-tape.html

Cara Membuat Permen Tape Singkong

Bahan utama yang digunakan adalah tape singkong, kita bisa membeli langsung dipasar ataupun membuat sendiri. Untuk menambah rasa manis kita bisa mencampur sedikit gula. Kalau mau yang lebih gurih bisa memberikan sedikit parutan kelapa.
Cara Membuat Permen Tape Singkong
© fb/anung.sitora
Bahan:
  • Tape singkong (dihancurkan) 0.5 kg
  • Gula pasir 1 kg
Baca juga: Resep Satru Asem si Permen Sitrun yang Nyess di Mulut
    Resep Tape Singkong:
    Ambil wajan lalu campurkan tape singkong dan gula pasir. Tidak perlu menambahkan air karena nantinya gula akan mencair ditambah si tape sudah memiliki kadar air yang cukup tinggi.

    Sering-seringlah mengaduk adonan agar gula tidak lengket di dasar wajan. Setelah adonan kental dan sedikit lengket, matikan kompor. Tuangkan adonan permen ke dalam loyang kotak, diamkan sampai mengeras.

    Saat permen tape sudah set, keluarkan dari loyang dan potong-potong sehingga menghasilkan bentuk balok balok permen. Proses belum selesai, terakhir tinggal jemur di bawah sinar matahari sampai keluar kristal gula.

    Cara membuat permen tape singkong telah selesai, tinggal bungkus dengan kertas minyak beraneka warna. Sebaiknya taruh di toples kedap udara agar tekstur permen lebih awet. Makanan ini 100% tanpa bahan kimia, baik itu pemanis buatan ataupun pengawet makanan. Tak perlu khawatir menyajikannya kepada seluruh keluarga.

    Cara Membuat Tape Singkong

    Tape singkong bisa digunakan sebagai campuran banyak sekali jenis makanan sebut saja minuman, gorengan ataupun kue. Cara membuatnya cukup sederhana namun butuh waktu 2-3 hari untuk mendapatkan tekstur yang empuk.

    Sering kali kita mendapatkan tape singkong yang masih keras, hal ini dikarenakan proses fermentasi yang kurang baik, bisa karena kualitas ragi yang buruk, singkong yang terlalu tua ataupun pencampuran ragi yang kurang rata.

    Jenis singkong yang cocok untuk dibuat tape adalah singkong mentega karena tape yang dihasilkan bisa berwarna kuning cerah dengan rasa yang lebih manis dibandingkan jenis ketela lainnya.

    Sebelum memulai membuat tape singkong manis, pastikan anda menjaga kesterilan bahan dan alat. Kegagalan paling sering diakibatkan adanya kontaminasi, kotoran. Sebaiknya jangan terlalu sering memegang si singkong setelah matang dikukus.

    Bahan:
    • Singkong Mentega 0.5 kg
    • Ragi ketan 0.5 kg
    • Daun pisang untuk penutup dan alas 
    Baca juga: Cara Membuat Pohong Keju si Singkong Goreng Merekah

    Resep Membuat Tape Singkong:
    Pertama-tama kupas singkong, potong-potong dan cuci sampai benar-benar bersih. Kukus singkong sampai matang ditandai sudah empuk, angkat dan dinginkan.

    Ambil wadah tertutup, beri alas daun pisang lalu tata singkong di dalam wadah sambil ditaburi ragi singkong sampai rata. Tutup wadah dengan daun pisang dan biarkan begitu sekitar 2-3 hari. Taruh di tempat kering dan bersih. Setelah itu angkat dan siap diolah menjadi permen tape.

    Sekian artikel tentang Cara Membuat Permen Tape Singkong dari Mulai Fermentasi. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!